Senin, 07 Desember 2020

Published Desember 07, 2020 by with 0 comment

Cara Menentukan Tenor yang Sesuai Sebelum Ambil Kredit Mobil


Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan fitur simulasi pembiayaan sebelum mengajukan kredit mobil Mitsubishi. Salah satunya adalah memberi gambaraan mengenai tenor atau masa pinjaman yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Sebab, tenor pinjaman merupakan salah satu hal yang menentukan nominal cicilan bulanan kredit nantinya. Untuk melakukan simulasi ini, Anda bisa datang langsung ke dealer atau secara online melalui https://www.dipostar.com/id/simulasi-pembiayaan.htm.

Ada dua jenis tenor yang umumnya ditawarkan untuk kredit mobil, yakni tenor panjang dan tenor pendek. Supaya tak salah ambil keputusan, berikut ulasan masing-masing masa pinjaman yang bisa disesuaikan dengan anggaran Anda.

Tenor panjang dalam kredit mobil

Masa pinjaman atau tenor panjang cukup bervariasi, tetapi rata-rata berlangsung hingga 60 bulan atau 5 tahun. Namun, ketentuannya bisa berbeda tergantung kebijakan yang ditentukan dealer atau perusahaan pembiayaan yang bersangkutan.

Salah satu karakteristik yang mudah dikenal dari tenor panjang adalah uang muka atau down payment yang kecil dan terjangkau. Oleh karena itu, jenis pinjaman ini menjadi incaran pembeli yang belum mempunyai bujet besar dan sedang membutuhkan mobil dalam waktu cepat. Kemudian, jumlah cicilan yang harus Anda bayar pun cenderung tak menggerus penghasilan bulanan.

Di sisi lain, Anda perlu mengantisipasi beberapa risiko saat mengambil cicilan dengan tenor panjang. Misalnya saja total utang keseluruhan yang lebih besar. Hal tersebut dikarenakan Anda membayar utang pokok beserta bunga dalam jangka waktu lama. Anda pun mungkin akan mengalami kesulitan apabila di tengah masa kredit mendadak kehilangan pekerjaan.

Tenor pendek dalam kredit mobil

Dibandingkan tenor panjang, jenis pinjaman ini hanya menyediakan waktu minimal 12 bulan untuk Anda. Kisaran bunga yang dikenakan pada angsuran relatif rendah, yakni dari 0,5 sampai 1%. Namun mengenai persentase suku bunga akan tergantung pada kebijakan setiap lembaga pembiayaan.

Walaupun suku bunganya rendah, tetapi nominal cicilan pada tenor pendek ini akan lebih besar dibandingkan tenor panjang. Penyebabnya adalah karena pembaginya yang kecil. Maksudnya, ketika Anda memiliki utang 36juta dengan tenor 3 tahun. Artinya nominal cicilan bulanan tanpa tambahan bunga adalah 1 juta (36juta/36 bulan). Sementara jika Anda memilih tenor 1 tahun, maka nominal cicilannya adalah 3juta (36juta/12bulan). Meski begitu, tenor pendek masih diincar untuk beberapa alasan. Contohnya saat Anda merasa mampu membayar uang muka dalam jumlah besar. Nasabah yang tak mau lama-lama terikat utang pun kadang memilih tenor pendek untuk melunasi tagihan dalam waktu cepat. 

Namun, kredit mobil dengan tenor pendek termasuk yang tak mudah diberikan, karena pemberi layanan (bank atau leasing) akan melihat kemampuan Anda dari segi finansial (gaji bulanan) dan riwayat kredit sebelumnya. Jadi, pastikan Anda sudah memenuhi kriteria yang diajukan kalau ingin pengajuan kredit diterima cepat.

Tenor Panjang VS Tenor Pendek

Lantas, jenis tenor mana yang sebaiknya diambil? Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan lebih disarankan mengambil kredit dengan tenor panjang, sementara tenor pendek lebih direkomendasikan untuk nasabah berpenghasilan besar. Sekali lagi, hitung semuanya melalui simulasi pembiayaan untuk mendapatkan gambaran angsuran yang dibebankan kepada Anda. Semoga bermanfaat!

      edit

0 komentar:

Posting Komentar