Rabu, 11 November 2020

Published November 11, 2020 by with 0 comment

Berbagai Benefit Khusus Asuransi Jiwa Berprinsip Syariah


Kehadiran asuransi jiwa syariah menjadi solusi yang sangat membantu buat masyarakat pemeluk agama Islam. Pasalnya, produk ini dapat memberikan proteksi menyeluruh, baik untuk diri sendiri maupun keluarga, tanpa mengabaikan ketentuan agama. Meski begitu, produk pertanggungan ini sebetulnya dapat dimiliki oleh siapa pun—terlepas agama yang dianut. Salah satu produk proteksi jiwa syariah yang dimaksud  bisa Anda lihat dalam tautan berikut ini: https://www.allianz.co.id/produk/asuransi-syariah. Selain menerapkan prinsip hukum syariah, asuransi ini juga memiliki beberapa benefit atau keuntungan khusus, yang tidak dimiliki oleh jenis asuransi konvensional. Apa sajakah manfaat yang bisa Anda peroleh dari pertanggungan ini? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

Dana asuransi tak akan hangus

Menurut hukum syariah, asuransi sepatutnya dilakukan dengan perjanjian yang jelas (transparan) serta memberikan manfaat sesuai dengan apa yang sudah disetorkan.  Hal inilah yang membuat premi bulanan asuransi Anda tak akan serta-merta hangus. Dengan catatan, Anda tidak pernah melakukan klaim selama masa pertanggungan, ya. Perusahaan asuransi untuk pertanggungan syariah juga akan mengabulkan permohonan pencairan dana sebelum jatuh tempo apabila Anda mendadak memerlukannya untuk hal mendesak.

Produk sudah bebas riba

Seperti jasa syariah lainnya, asuransi jiwa yang mengikuti syariat Islam dipastikan bebas riba, maysir, gharar, risywah, hingga tadlis. Dana yang Anda setorkan nantinya akan dikelola, lalu diputar pada instrumen investasi sesuai prinsip Islam. Kemudian, saat Anda memilih asuransi syariah, perusahaan akan menawarkan beberapa jenis akad yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir soal kesahihan produk ini.

Tingginya persentase pembagian nisbah

Dengan menjadi nasabah produk asuransi syariah, Anda berkesempatan mendapatkan pembagian nisbah sampai 70%. Hal ini berhubungan dengan penerapan sistem gotong-royong yang tak akan merugikan nasabah. Meski begitu, Anda perlu memperhatikan syarat dan ketentuan perusahaan, karena masing-masing produk biasanya memiliki kebijakan yang berbeda.

Tak akan dikenakan kontributor dasar

Mengutip Lifepal, kontributor dasar adalah manfaat seperti cacat total akibat sakit atau kecelakaan. Pada asuransi konvensional, manfaat seperti ini hanya bisa Anda dapatkan dengan membayar tambahan premi. Namun, dalam asuransi syariah, Anda akan dibebaskan dari komponen ini bila risiko seperti cacat total akibat sakit atau kecelakaan menimpa Anda. Meski begitu, periksa lagi apakah perusahaan asuransi incaran Anda menawarkan manfaat ini atau tidak terlebih dahulu, ya. 

Nah, apakah sekarang Anda sudah yakin akan menggunakan asuransi syariah untuk melindungi diri dan keluarga? Sebelum mengambil produk ini, konsultasikan dulu kebutuhan Anda dengan perusahaan asuransi terpercaya, ya. Periksa kebijakan yang mereka berlakukan dan ikuti semua prosedur. Jadi, Anda tak akan menghadapi berbagai kendala. Semoga bermanfaat.

      edit

0 komentar:

Posting Komentar