Kamis, 17 Oktober 2019

Published Oktober 17, 2019 by with 0 comment

Gagal ginjal kronis


Apa itu gagal ginjal kronis? Penyakit gagal ginjal kronis termasuk kondisi yang merusak ginjal serta menurunkan kemampuan mereka untuk menjaga anda tetap sehat dengan melakukan fungsi yang sebagaimana mestinya. Jadi, jika penyakit ginjal semakin memburuk, maka kotoran bisa menumpuk tinggi di dalam darah dan akan membuat anda sakit. Selain itu, gagal ginjal ini bisa mengembangkan komplikasi lainnya seperti anemia, darah tinggi, tulang lemah, kesehatan gizi buruk dan kerusakan saraf. Bukan hanya itu, penyakit ginjal juga bisa meningkatkan risiko anda memiliki penyakit jantung serta  pembuluh darah. Semua risiko gangguan kesehatan ini bisa terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang panjang.

Penyakit gagal ginjal kronis ini sendiri bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi, diabetes, dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, deteksi serta pengobatan dini bisa menjaga penyakit gagal ginjal kronis supaya tidak semakin buruk. Saat terjadi penyakit ginjal, mungkin akhirnya bisa menyebabkan gagal ginjal yang membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal supaya bisa bertahan hidup.

Beberapa Fakta Tentang Penyakit Ginjal Kronis

  • Deteksi dini bisa membantu mencegah perkembangan penyakit ginjal hingga gagal ginjal kronis.
  • Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian bagi semua orang dengan penyakit gagal ginjal kronis.
  • Laju filtrasi glomerulus (GFR) adalah estimasi terbaik dari fungsi ginjal.
  • Hipertensi merupakan penyebab penyakit gagal ginjal kronis  dan sebaliknya penyakit ginjal kronis bisa menyebabkan hipertensi.
  • Proteinuria persisten (protein dalam urine) menunjukkan bahwa adanya penyakit gagal ginjal kronis.
  • Kelompok risiko tinggi termasuk mereka yang menderita diabetes, hipertensi dan riwayat keluarga gagal ginjal.
  • Ras Afrika, Hispanik, Kepulauan Pasifik, Indian, dan lansia merupakan kelompok berisiko tinggi terhadap penyakit gagal ginjal kronis.
  • Dua tes sederhana bisa mendeteksi penyakit gaga ginjal kronis : tekanan darah, albumin urine dan kreatinin serum.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa 2 penyebab utama dari penyakit gagal ginjal kronis adalah diabetes dan tekanan darah tinggi yang bertanggung jawab pada 2/3 kasus gagal ginjal kronis. Dimana, diabetes terjadi saat gula darah anda terlalu tinggi yang bisa menyebabkan kerusakan pada banyak organ dalam tubuh, termasuk jantung dan ginjal, dan pembuluh darah, saraf, serta hipertensi. Sedangkan hipertensi atat tekanan darah tinggi terjadi saat tekanan darah meningkat. Jika kondisi ini tidak terkontrol, maka tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab utama serangan stroke, jantung dan penyakit gagal ginjal kronis. Selain itu, penyakit gagal ginjal kronis juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Hal - Hal Lain Yang Bisa Mempengaruhi Ginjal

  • Glomerulonefristis, merupakan sekelompok penyakit yang bisa menyebabkan peradangan serta kerusakan pada unit penyaringan ginjal. Gangguan ini merupakan jenis ketiga yang paling umum dari penyakit ginjal.
  • Penyakit turunan, seperti penyakit ginjal polikistik yang bisa menyebabkan kista besar terbentuk di ginjal dan merusak jaringan di sekitarnya.
  • Malformasi, hal ini terjadi saat bayi berkembang di dalam rahim. Misalnya, terjadinya penyempitan dan mencegah aliran normal urin serta menyebabkan urin mengalir kembali ke ginjal. Tentunya hal ini bisa menyebabkan infeksi dan bisa merusak ginjal.
  • Lupus serta penyakit lain yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
  • Penghalang yang disebabkan adanya masalah seperti tumor, batu ginjal, atau pembesaran kelenjara prostat pada pria.
  • Infeksi saluran kencing berulang.
Mungkin itu saja artikel kali ini tentang seputar gagal ginjal kronis, semoga tulisan ini bermanfaat sehingga anda semua bisa terhindar dari penyakit ganas ini.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar