Sabtu, 30 Juni 2018

Published Juni 30, 2018 by with 0 comment

Service Kulkas : Merawat Kulkas Dengan Mudah dan Aman


Service Kulkas menjadi sesuatu yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Hal ini karena kulkas adalah salah satu peralatan dapur yang cukup sulit dalam hal  perawatannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kulkas telah menjadi salah satu peralatan yang wajib ada di dapur setiap rumah. Terlebih kulkas merupakan peralatan yang harus menyala selama seharian. 

Oleh karena itu perlu adanya perawatan agar kulkas dapat bekerja dengan baik dan dapat berfungsi dengan lama. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan kulkas dengan mudah dan aman.

Pembersihan Berkala


Ada banyak faktor yang menyebabkan kulkas mudah rusak atau tidak berfungi dengan baik, yaitu salah satunya bagian kumparan yang kotor atau berdebu. Perlu Anda ketahui saat kumparan dalam kondisi kotor maka akan memaksa mesin kulkas untuk bekerja lebih keras sehingga membutuhkan energi dan listrik yang lebih besar. 

Pembersihan ekstra akan memberikan dampak dalam keawetan mesin dan makanan yang ditaruh di dalamnya tidak akan mudah basi.  Oleh karena itu perlu dilakukan pembersihan kumparan secara berkala. Ada baiknya dibersihkan minimal setiap tiga bulan sekali dengan mesin penyedot debu agar kotoran atau debu yang menempel dapat hilang sehingga mesin dapat tetap berfungsi dengan baik.

Cek Bagian Segel Pintu


Satu cara service kulkas sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan pengecekan pada bagian segel pintu kulkas. Anda bisa melakukannya setelah tiga bulan pemakaian pertama dan untuk selanjutnya bisa dilakukan pengecekan setiap satu bulan sekali. 

Pengecekan pada bagian segel pintu ini berfungsi untuk megantisipasi terjadinya kerusakan pada bagian pintu yang dapat menyebabkan udara dapat keluar masuk dan pintu tidak dapat tertutup dengan rapat. 

Kondisi tersebut akan membuat mesin kulkas bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga energi dan listrik yang dihabiskanpun juga semakin besar. Oleh karena itu pastikan untuk melakukan pengecekan rutin pada bagian ini.

Pembersihan Bagian Karet Paking


Seperti namanya karet paking ini merupakan salah satu bagian di dalam kulkas yang berasal dari material karet. Fungsi utama karet paking ini adalah untuk menahan udara yang di luar agar tidak masuk ke dalam kulkas.

Seperti yang diketahui jika udara luar telah masuk, maka akan mempengaruhi suhu yang ada di dalam. Sehingga secara otomatis mesin kulkas akan bekerja lebih keras untuk membuat suhu di dalam tetap dingin. Oleh karenanya disarankan setiap tiga bulan sekali Anda wajib melakukan pembersihan pada bagian ini, Anda bisa menggunakan spon dan sabun untuk membersihkan bagian ini. 

Nah itu tadi beberapa cara sederhana yang bisa Anda langsung praktekan di rumah. Jika memang sudah dilakukan pembersihan dan pengecekan secara berkala namun tetap terjadi kerusakan segera mencari jasa service kulkas agar kerusakan tidak semakin besar dan parah. 
      edit

0 komentar:

Posting Komentar