Jumat, 18 Mei 2018

Published Mei 18, 2018 by with 0 comment

Pengolahan Air Berkelanjutan Oleh APRIL Paper

sumber : http://www.aprilasia.com/id/images/media/masthead-artilces.jpg

Air merupakan sumber daya kehidupan. Semua makhluk hidup sangat membutuhkannya, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Tanpa air, keseimbangan alam dipastikan akan terganggu. Pada jaman saat ini, air bersih sangat susah untuk didapatkan. Baik di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Ada dibeberapa negara, yang untuk mendapatkan air bersih merogoh kocek dengan harga yang cukup tinggi. Oleh karena itu, keberadaan air wajib kita jaga dan lindungi. Begitu pula pemanfaatan perlu dilakukan seefisien mungkin. Karena jika tidak dilindungi air bersih bisa habis. Yang sekali lagi akan berakibat fatal bagi kehidupan makhluk hidup.

APRIL grup menyadari akan adanya hal tersebut. Perusahaan yang bergelut dalam industri pulp dan kertas ini kemudian sebisa mungkin memanfaatkan air dengan sangat bijaksana. APRIL grup sendiri merupakan sebuah perusahaan yang berkembang menjadi kelompok usaha global, dengan total aset lebih dari US$ 18 miliar serta jangkauan penjualan di seluruh dunia.

Salah satu anak perusahaan milik APRIL bernama PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) memiliki pengolahan air yang sudah didirikan lebih dari 17 tahun. Mereka mendirikannya untuk memastikan agar proses pengolahan air berjalan dengan sesuai setiap harinya. Dalam sehari selama dua jam ia selalu mengecek proses di clafier dan juga pabrik. Ia juga memastikan kualitas air apakah sudah memenuhi standar, dan juga mengawasi kinerja dan disiplin para operator di lapangan. Selain itu juga, ia bertanggung jawab untuk mengelola air Kompleks RAPP di Pangkalan Kerinci, Riau.

Air sendiri merupakan elemen yang sangat penting bagi makhluk hidup khususnya untuk industry pulp dan kertas RAPP yang sangat bergantung pada air untuk operasional hariannya. Mereka berkomitmen untuk melesarikan air dan memastikan air aman digunakan untuk kebutuhan industri dan konsumsi rumah tangga. Pengolahan air di RAPP menggunakan teknologi canggih dan teknik pemurnian berlapis. Pertama, air yang diambil dari Sungai Kampar akan dialirkan ke tangki penjernih (clarifier) dan kantong saringan pasir (sand filter bag) untuk melalui proses penjernihan. Pengambilan air dari Sungai Kampar sendiri berjumlah sekitar 1,89% dan masih di bawah pedoman pemerintah, sehingga masih mengikuti regulasi pemerintah. Setelah melalui proses penjernihan, bahan kimia yang aman kemudian di injeksi ke air untuk memastikannya terbebas dari bakteri dan zat-zat berbahaya. Pada akhirnya, air akan dialirkan ke penampungan (reservoir) dan kemudian di alirkan ke pabrik dan perumahan sekitar Pangkalan Kerinci.

Dari proses tersebut, RAPP memproduksi air dengan kadar pH sebesar 6,8-7,2 yang aman untuk digunakan dan dikonsumsi. Agar aspek berkelanjutan berjalan dengan tepat, RAPP memastikan jika air yang telah digunakan kembali di daur ulang. Sekitar 78% air yang digunakan akan dikembalikan ke sungai, setelah melalui proses pengolahan dan daur ulang yang canggih. Dan begitulah proses pengolahan air berkelanjutan oleh APRIL Paper.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar