Selasa, 01 Mei 2018

Published Mei 01, 2018 by with 0 comment

Negara-negara ASEAN harus fokus ciptakan startup decacorn


Managing Director Google Asia Pacific dan India, Rajan Anandan mengharapkan agar negara-negara ASEAN mau meningkatkan jenis startup baru. Maksudnya sudah tak lagi berbicara unicorn namun memikirkan bagaimana menciptakan decacorn.

Sekadar diketahui, Decacorn ini merupakan perusahaan rintisan digital yang memiliki nilai valuasi lebih dari USD 10 miliar. Sementara unicorn adalah rintisan digital company yang memiliki valuasi di atas USD 1 miliar.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, kini di ASEAN baru terdapat 7 unicorn perusahaan rintisan digital. Empat di antaranya berada di Indonesia, antara lain Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

"Jadi kita harus memanfaatkan bersama untuk peningkatan ekonomi negara-negara ASEAN," kata Menteri Rudiantara dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) saat diskusi Enabling e-commerce and e-payment, Jumat (27/4).

Di sisi lain, dikatakan pria yang akrab disapa Chief Ra ini, sudah saatnya negara-negara ASEAN bersatu dalam mengembangkan ekonomi digital. Tujuannya agar saling memberikan manfaat satu sama lain. Terlebih hal tersebut seperti amanah dari Adam Malik, salah satu pendiri ASEAN.

Workshop ini merupakan kick-off pertemuan official pertama dari para Board of Governors yang tergabung dalam Digital ASEAN Project yang dibentuk pada Annual Meeting WEF di Davos, Swiss bulan Januari 2018.

Menkominfo yang juga menjadi salah satu dari empat menteri ASEAN yang menjadi Board of Advisor Digital ASEAN. Dalam workshop ini dibahas berbagai topik seperti cyber security, cross-border data flows, enabling e-commerce and e-payments, digital access, dan digital human resources.
      edit

0 komentar:

Posting Komentar